Berita

    Cara Merawat Eksterior Mobil Supaya Awet

    Merawat eksterior atau bagian luar mobil adalah perawatan yang tidak memerlukan biaya yang mahal. Bahkan perawatan eksterior mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk proses perawatannya.

    Ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan dan bahkan bisa dilakukan di rumah. Di artikel ini kami akan coba menjelaskan semuanya kepada Anda. Jadi silahkan simak artikelnya hingga selesai.

    Tips Perawatan Eksterior Mobil yang Baik dan Benar

    Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, prosesnya pun tidak memerlukan keahlian yang rumit. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya untuk Anda.

            1. Mencuci Mobil Secara Rutin

    Proses mencuci mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menyiapkan peralatan steam sendiri. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan Anda memilih waktu yang tepat untuk mencucinya.

    Proses mencuci mobil yang baik dan benar yaitu di pagi hari dan pada saat kondisi mesin sedang dingin. Terik matahari yang menghasilkan sinar UV dapat berpengaruh buruk pada body mobil kesayangan Anda.

    Pada saat membersihkan eksterior mobil, Anda juga bisa menggunakan air tawar saja yang tidak dicampur shampo mobil untuk membersihkan kotoran.

            2. Cuci Menggunakan Cairan Khusus

    Pilihlah cairan khusus seperti sampo atau sabun khusus mobil saat merawat eksterior mobil. Hindari penggunaan deterjen karena material tersebut tidak bagus untuk bodi mobil Anda.

    Sabun yang mengandung deterjen bisa mempengaruhi kualitas cat body mobil Anda. Itulah kenapa, cairan khusus seperti sampo mobil bisa menjadi pilihan yang paling tepat dan ideal.

    Namun di sisi lain, jika sedang dalam keadaan tertentu seperti sulit mendapatkan cairan khusus, Anda tetap bisa menggunakan sabun. Namun pastikan sabun biasa yang Anda gunakan tidak mengandung deterjen.

            3. Mengeringkan Mobil secara Optimal

    Pengeringan setelah mencuci mobil juga merupakan tips merawat eksterior mobil yang wajib diperhatikan. Jika seluruh bagian eksteriornya sudah dicuci, segeralah keringkan mobil Anda.

    Pastikan agar tidak menggunakan sinar matahari untuk mengeringkannya. Gunakan lap seperti kanebo untuk mengeringkannya.

    Mobil yang tidak kering secara sempurna berpotensi menyebabkan timbulnya bercak-bercak pada bagian body. Selain menggunakan lap yang tepat, pastikan juga Anda mengelapnya dengan teknik yang tepat.