Berita

    Featured Image

    Simak Cara Mengusir Tikus di Dalam Mobil

    Tidak hanya mengganggu di dalam rumah, tikus juga kerap masuk ke dalam mobil. Selain meninggalkan kotoran dengan bau yang mengganggu, tikus di mobil juga berbahaya karena dapat menggigiti kabel yang berpotensi menyebabkan kerusakan dan konsleting. Jangan khawatir, berikut cara ampuh mengusir tikus di mobil. 

    Tips Ampuh Mengusir Tikus di Mobil

    Tikus bisa muncul di mobil yang kotor dan jarang dibersihkan. Hewan pengerat ini bukan hanya merusak tapi akan meninggalkan kotoran dan bau yang tidak sedap, maka dari itu, Anda harus mengusirnya. Simak cara mengusir tikus di mobil berikut ini.

            1. Membersihkan Mobil

    Mobil yang kotor dan penuh dengan sampah, remahan makanan atau snack di dalam mobil dapat memicu tikus masuk ke dalam mobil. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan dan mencuci mobil secara rutin serta tidak meniggalkan makanan di dalam mobil. 

    Bersihkan seluruh penjuru kabin mobil, kap mobil serta tempat dimana tikus bersarang termasuk membuang kotoran tikus. Jika mobil selalu dalam keadaan bersih maka tikus akan berpidah untuk mencari makanan di tempat lain. 

            2. Memasang Perangkap Tikus 

    Selanjutnya Anda dapat mengusir tikus di mobil dengan memasang perangkap khusus tikus. Perangkap yang bisa Anda pilih yaitu berupa jepitan tikus maupun lem tikus. Agar tikus terperangkap, Anda bisa meletakkan sedikit makanan pada perangkap.

    Jika tikus tetap lolos, maka Anda bisa menaruh racun tikus pada makanan yang dijadikan sebagai umpan. Namun racun ini memiliki efek negatif karena Anda akan kesulitan mencari  dimana tikus mati setelah diberi racun. 

            3. Tutup Titik Masuk Tikus

    Setelah membersihkan mobil, maka Anda bisa mengusir tikus di mobil dengan menutup seluruh akses masuk tikus. Anda bisa memasang jaring di kap mobil atau di garasi tempat Anda memakirkan mobil.

    Hindari memakirkan mobil di semak semak atau dekat selokan dimana tikus banyak berkeliaran di sana. 

            4. Berikan Pewangi

    Tikus tidak menyukai bau yang menyengat termasuk wewangian. Untuk mengusir tikus Anda bisa meletakkan benda yang beraroma menyengat di dalam mobil. Contohnya seperti kapur barus, minyak peppermint, serai, bawang putih, lada hitam dan kayu putih.

    Tidak hanya meletakkannya di dalam mobil, Anda juga bisa meletakkan pewangi di atas di area garasi sehingga tikus menjauh.