Berita

    Simak Tips Merawat Ban Serep Mobil

    Seperti yang kita ketahui, salah satu elemen penting untuk kendaraan ialah ban serep. Meskipun jarang dipakai, ban serep mobil harus tetap dirawat dengan baik.  Sayangnya, banyak pengguna kendaraan yang sering mengabaikan perawatan ini. 

    Padahal, merawat ban serep merupakan hal yang mudah. Bila pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan dengan baik, sejumlah masalah pada ban dapat terjadi. 

    Oleh sebab itu, pastikan Anda melakukan pengecekan ban serep 3 bulan sekali. Tetapi, bila musim hujan tiba, Anda dapat mengecek satu bulan sekali. Sehingga ketika memerlukannya, ban serep siap digunakan. 

    Cara Merawat Ban Serep Mobil

    Setelah mengetahui pentingnya melakukan perawatan ban serep, hal berikutnya yang harus Anda ketahui adalah langkah melakukan perawatannya. Berikut beberapa cara perawatan yang dapat Anda lakukan, yaitu:

            1. Pemeriksaan Tekanan Angin

    Untuk merawat ban serep, Anda harus memeriksa tekanan angin berkala. Agar memperoleh hasil yang akurat, gunakan alat untuk mengukur tekanan angin. 

    Bila Anda melihat tekanan angin kurang, biasanya di dinding ban akan membentuk lekukan. Jika sudah demikian, lebih baik lakukan pengisian angin. 

            2. Jaga Kondisi Ban

    Ketika merawat ban, pastikan ban yang Anda miliki berada dalam keadaan prima serta siap digunakan. Hindari menggunakan ban yang mempunyai banyak tambalan dan menipis. Ketika ban sudah memiliki banyak tambalan, lebih baik ganti ban dengan yang baru. 

            3. Hindari Terlalu Lama Menggunakan Ban Serep

    Fungsi utama yang dimiliki ban serep mobil ialah sebagai cadangan. Oleh sebab itu, disarankan tidak terlalu lama menggunakan ban tersebut. Bila sudah menemukan bengkel, segera lakukan penggantian ban yang baru. 

            4. Bungkus Ban dengan Menggunakan Cover

    Biasanya, pengendara menyimpan ban di bagian belakang dan bawah mobil. Agar dapat mencegah kerusakan, Anda dapat menutupinya dengan menggunakan cover, hal ini dapat mencegah ban terkena sinar matahari langsung dan berbagai hal yang tidak diingini.

            5. Sediakan Tool Kit untuk Bongkar Pasang

    Ketika melakukan kegiatan bongkar pasang ban mobil, Anda membutuhkan peralatan tertentu. Oleh sebab itu, pastikan sudah menyediakan tool kit untuk memudahkan Anda membongkar pasang ban.