Berita

    Penyebab Bau dari Luar Masuk ke Dalam Kabin Mobil

    Kenyamanan adalah salah satu hal yang diinginkan oleh pengemudi maupun penumpang saat berada di dalam mobil. Sayangnya, hal ini kerap terganggu oleh berbagai bau masuk ke kabin mobil.

    Jika hal tersebut terjadi pada mobil Anda, maka berbagai penyebabnya perlu diketahui terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan cara yang ada di bawah ini.

    Penyebab Bau Masuk ke Kabin Mobil dan Solusinya

    Secara umum, ada berbagai penyebab bau masuk ke dalam mobil. Berikut di antaranya:

    • Terbukanya Celah Mobil

    Hal ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, bau tak sedap dari luar mobil bisa masuk hingga tercium oleh para penumpang dan pengemudi.

    Jika hal ini terjadi, maka pastikan bahwa seluruh jendela dan pintu mobil telah tertutup dengan sempurna. Lalu, Anda bisa menyalakan AC sebagai pengganti sirkulasi udara.

    Namun jika bau masih tetap tercium, maka bisa jadi komponen-komponen ini mengalami macet sehingga tak bisa menutup dengan sempurna. Hal ini bisa Anda pastikan dengan membawanya ke bengkel terdekat.

    • Masalah pada AC

    Penyebab bau masuk ke kabin mobil lainnya ialah masalah pada sistem AC. AC memang bisa membawa dampak baik karena bisa mengalirkan udara dingin. Namun hal ini akan berbeda bila ada kerusakan pada sistem tersebut.

     

    membersihkan ac

    Freepik.com

    Jika kerusakan terjadi, maka sistem AC bisa mengalirkan  bau tak sedap dari luar. Kerusakan ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti filter udara yang kotor atau bahkan rusak.

    Jika filter udara kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan busa, air, dan sabun. Setelah itu, Anda bisa mengeringkannya. Namun jika rusak, maka Anda perlu membawanya ke bengkel untuk diganti.

    • Air Duct Flap Rusak

    Air duct flap merupakan komponen yang terdapat pada pintu mobil. Apabila mengalami kerusakan, maka bau masuk ke kabin mobil dan membuat penumpang maupun pengemudi tak nyaman.

    Kerusakan air duct flap sendiri dapat disebabkan oleh seal yang sudah tak bisa menutup secara maksimal akibat aus. Biasanya, keausan pada seal ini terjadi karena telah berumur tua.

    Jika hal ini terjadi, maka Anda harus mengganti seal tersebut. Jika tidak, maka akan berdampak pada bau tak sedap yang dihasilkan oleh AC. 

    • Karet Pintu Rusak

    Penyebab bau masuk ke kabin yang lain adalah tidak menutupnya karet pintu secara sempurna. Dengan demikian, bau akan tetap masuk meskipun Anda berusaha menutup semua celah pada mobil.

    Ada berbagai penyebab rusaknya karet pintu tersebut. Misalnya adalah sering dibantingnya pintu mobil sehingga karet akan mengalami kegetasan. Selain itu, umur yang tua juga bisa mempengaruhi kondisi karet.

    Jika hal ini terjadi, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggantinya yang baru. Lalu, Anda bisa mulai merawat karet pintu agar tetap awet. Caranya beragam, salah satunya adalah menutup pintu dengan perlahan.

    • Penggunaan Mode Fresh pada AC

    AC mobil mempunyai mode fresh yang membuat udara dari luar masuk melalui blower. Jika Anda menggunakan mode ini, maka bau tak sedap dari luar mobil bisa masuk ke kabin. Maka dari itu, Anda bisa mematikannya.