Berita

    Cairan ini Sulit Dihilangkan Jika Tumpah di Jok Mobil

    Saat berkendara, berbagai cairan kerap tumpah di mobil. Memang sebagian cairan yang tumpah di jok mobil dapat dibersihkan dengan mudah. Jadi, Anda tak perlu terlalu khawatir. Namun sayangnya, ada sebagian cairan lain yang lebih sulit untuk dihilangkan.

    Jika cairan-cairan ini tumpah, maka Anda akan memerlukan usaha ekstra untuk membersihkannya. Selain itu, cairan-cairan tersebut juga bisa mengurangi estetika dan menimbulkan bau. Apa saja berbagai cairan ini? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

    Daftar Cairan yang Sulit Dibersihkan Jika Tumpah di Jok

    Mobil kotor memang hal yang biasa. Namun, hal tersebut bisa menjadi lebih merepotkan jika diakibatkan oleh cairan yang tumpah di jok mobil dan sulit dihilangkan. Berikut beberapa cairan yang sulit dibersihkan sehingga Anda harus berhati-hati saat berada di mobil.

    • Lumpur

    Jika Anda mempunyai anak kecil yang aktif atau suka berolahraga di lapangan, Anda perlu berhati-hati saat hujan. Hal ini disebabkan anak dapat terkena lumpur. Jika lumpur tersebut mengenai jok, Anda perlu usaha ekstra untuk membersihkannya.

    Bagaimanapun juga, Anda tetap bisa mencegahnya. Salah satu caranya adalah memberi alas di atas jok agar anak tetap bisa duduk meskipun badannya berlumpur. Alas yang digunakan bisa berupa plastik kedap air.

    • Cokelat

    Cokelat menjadi salah satu kudapan yang sering dimakan saat perjalanan dengan mobil. Namun berhati-hatilah agar cokelat tersebut tidak sampai mencair. Jika mencair dan terkena jok mobil, maka Anda perlu upaya lebih untuk membersihkannya.

    Selain itu, cokelat yang dipegang langsung dengan tangan kerap meninggalkan noda. Bila hal tersebut terjadi, segera bersihkan noda di tangan tersebut. Jadi, Anda maupun penumpang lainnya bisa menyentuh jok tanpa khawatir membuatnya kotor.

    • Tinta

    Cairan yang tumpah di jok mobil biasanya dapat dibersihkan dengan sabun biasa. Namun hal ini tidak terjadi pada tinta karena sifatnya yang mudah menyerap sehingga mudah dihilangkan. Tak hanya itu saja, warnanya pun kerap membekas

    Tinta sendiri bisa bersumber dari pena yang bocor atau printer yang dibawa menggunakan mobil. Maka dari itu, berhati-hatilah. Lebih baik tidak meletakkan barang-barang tersebut di atas jok mobil.

    • Saus

    Berhati-hatilah pada saus bila Anda sering membawa makanan ke dalam mobil. Serupa seperti tinta, saus juga bisa menyerap ke dalam jok dengan cepat jika tumpah. Selain itu, saus juga mempunyai zat warna yang sulit dihilangkan pada jok.

    Salah satu hal yang bisa Anda lakukan jika ingin makan makanan bersaus di dalam mobil adalah memberinya alas. Jadi, Anda tak perlu khawatir saus tersebut tumpah. Selain itu, hindari penggunaan saus berlebihan.

    • Kopi

    Kopi merupakan minuman yang sering dibawa oleh para pengendara maupun penumpang ke mobil. Namun berhati-hatilah saat membawa atau akan meminumnya di dalam mobil. Hal ini disebabkan kopi tak seperti cairan yang tumpah di jok mobil lainnya.

    tumpahan minuman kopi di jok mobil

    Ya, kopi dapat meninggalkan noda yang butuh waktu lebih untuk dibersihkan dengan sabun biasa. Maka dari itu, lebih baik Anda atau penumpang lain segera menghabiskannya sebelum mobil mulai berjalan agar tidak sampai tumpah.